Kamis, 03 Februari 2011

DI KALA SENJA

Pemandangan senja yang terlihat dari tepi pantai sangatlah indah. Deburan ombak-ombak yang yang terdengar, hembusan semilir angin dan sang matahari yang akan tenggelam. Melihat pemandangan seperti itulah yang biasa mereka lakukan. Mereka adalah Riyani dan Rendy. Remaja SMA yang biasa menghabiskan waktu pulang sekolahnya untuk melihat pemandangan yang jarang terpikirkan oleh orang-orang apa arti dari senja itu. Yang orang-orang tahu hanyalah keindahan yang terlihat, namun di balik keindahan tersebut tersimpan makna kesedihan yang mendalam.     
            
“ Riyani, lulus nanti mau ngelanjutin kuliah dimana?” Tanya R
endy
            “Sudahlah…nanti-nanti saja memikirkan hal itu, yang kuinginkan sekarang adalah terus bersama seorang sahabat setia, yang setiap waktunya kuhabiskan bersamanya.” Ucapnya sambil memandangi indahnya langit di kala senja.
            “ Tapi, aku takut jika lulus nanti kita tak bisa seperti ini lagi. Menikmati pemandangan senja bersama, tertawa bersama. Apa tak pernah terpikirkan olehmu, kalau akan datang hari seperti itu. Hari dimana kita tak bisa menikmati persahabatan yang telah kita jalin selama 3 tahun ini?” 
 
Riyani hanya terdiam mendengar ucapan sahabatnya. Memang takkan mudah meninggalkan persahabatan yang telah terjalin selama 3 tahun. Sulit…itulah kata yang terus terbesit dipikiran R
endy. Melihat sebuah kotak kecil yang terdampar di tepi pantai, Riyani terpikirkan sesuatu. Dengan segera, ia beranjak dari duduknya dan mengambil kotak kecil itu. Rendy yang melihat, dengan segera mengikutinya dari belakang. 
Sebuah kotak kecil, walaupun kecil namun bisa menyimpan semua kenangan indah. Itulah yang terbesit di pikiran Riyani saat melihat kotak kecil itu. 
 
“ Riyani, mau ngapain sih? Mungutin sampah ya…” 
“Hmmmph…gimana kalau kita bikin kapsul waktu?” Ucapnya sambil menunjukkan kotak kecil itu.
“ Kapsul waktu?”
“ Iya…kita simpan semua kenangan kita di dalam kotak ini, kita kubur di dalam pasir putih ini dan suatu hari nanti, dengan waktu yang sama seperti sekarang. Kita akan membukanya bersama. Bagaimana?”
“ Tapi… benda apa yang akan kita simpan di sini, kotak ini sangat kecil?” Tanya R
endy sambil mengotak-atik kotak itu.
“ Gak perlu benda…sebuah tulisan juga cukup kok.”
“ Baiklah… kita mulai sekarang. Kenangan yang takkan terlupakan untuk selamanya akan di mulai sekarang.”
 
Dengan segera, mereka mengambil secarik kertas dari buku masing-masing. Mereka tampak serius. R
endy berusaha melihat apa yang sedang di tulis oleh sahabatnya, namun Riyani tak menijinkannnya melihat. Karena yang Riyani inginkan adalah suatu hari nanti, mereka membacanya bersama. Bukan hari ini. 
Selesai menulis, mereka memasukkan kertas itu dan menguburnya dalam-dalam. Tak lupa, mereka menuliskan waktu di dalam kotak itu. Mereka tampak senang menikmati persahabatan yang mereka rasakan saat ini. Karena memiliki seorang sahabat adalah hal yang terpenting dalam kehidupan. 
 
“ Gimana kalau 5 tahun lagi kita buka kapsul waktu ini?” Tanya Riyani sambil membersihkan tangannya dari pasir-pasir yang menempel.
“ 5 tahun… apa gak kelamaan?”
“ masa mau 5 hari lagi? Bukan kapsul waktu namanya.”
“ Hmm…baiklah, Oh iya…” sembari R
endy mengulurkan jari kelingkingnya.
“ Ok.. janji ya…” 
 
Mereka menyatukan jari kelingking. Bersatunya jari mereka, merupakan sebuah janji. Janji yang mungkin takkan mereka lupakan. Senja kali ini benar-benar terasa indah, sama seperti yang sedang mereka rasakan saat ini. Sebuah persahabatan yang di selimuti rasa cinta dan kasih sayang. 
 
***
Suara riuh terdengar dari ruang guru. Ada yang terdengar teriak histeris, ada yang menangis dan ada yang sampai jatuh pingsan. Jelas saja, karena hari ini merupakan hari dimana di umumkannya kelulusan. Semua siswa tampak berebut melihat kertas yang tertempel di papan pengumunan. Riyani yang tampak bingung, hanya melihat dari kejauhan. Di hatinya terus berdegup, ia bermaksud menunggu sepi. Tapi, hal yang sebaliknya terjadi. Keadaan makin lama makin ramai. Untuk itu, ia nekat menerobos masuk gerombolan orang yang berdesak-desakkan melihat papan pengumunan itu. Saat ia melihat namanya. Ia lulus dengan nilai terbaik. Ia pun tak lupa melihat nama sahabatnya, R
endy. Sama halnya dengan Riyani, Rendy pun lulus dengan nilai yang terbaik. 
Setelah melihat pengumunan itu, Riyani dengan segera mencari R
endy. Entah mengapa, dari tadi pagi Riyani tak bertemu dengan Rendy. Padahal hari ini adalah hari yang sangat penting. Saat Riyani bertanya pada teman-temannya, tidak ada yang mengetahui Rendy berada dimana sekarang. Karena teman-temannya pun tidak bertemu dengannya hari ini. Mendengar hal itu, Riyani langsung menghubungi Rendy melalui handphonenya.
 
maaf…nomor yang anda hubungi tidak ingin menerima panggilan anda 
“ R
endy kenapa sih? Kok di reject mulu…” kesalnya dalam hati
 
Riyani terus berusaha menghubungi R
endy, tapi hasilnya sama. Rendy selalu menolak telepon dari Riyani. Riyani yang tampaknya sudah sangat kesal memutuskan untuk tidak menghubunginya lagi. Dan Riyani memutuskan untuk segera pulang ke rumah,memberitahukan kabar gembira ini pada kedua orang tuanya.  
 
“ Mana… katanya sahabat setia, kenapa sih…R
endy kamu kok gak datang hari ini? Padahal …” keluhnya sambil menendang-nendang kaleng minuman yang ada di depannya. Kecewa…itulah kata yang terus Riyani ucapkan selama perjalanan pulang ke rumahnya. Wajah yang tadinya terlihat begitu senang berubah menjadi wajah yang tidak bersemangat. 
“ Ehm…hayoo padahal apa?” Tanya R
endy yang tiba-tiba berada di belakang Riyani.
“ R
endy…?”
“ seorang sahabat itu akan selalu ada dimanapun dan kapanpun. Karena sahabat itu adalah cinta.”
“ Sejak kapan di sini? Kok tadi di sekolah gak kelihatan sih?”
“ Tadi aku ada urusan sama orang tuaku, sewaktu aku mau masuk gerbang sekolah aku ngeliat kamu yang berjalan keluar sekolah. Maka dari itu aku diam-diam ngikutin kamu.“
“ Tapi…handphone kamu kenapa di reject mulu?” 
“ Hmm… Cuma mau ngerjain kamu doang. Hahaha…”
“ Ihhh…Nyebelin…!!”  sembari Riyani memukul lengan R
endy.
 
Seperti biasa, pulang sekolah mereka sempatkan dulu untuk duduk-duduk di tepi pantai. Walaupun sang waktu masih menunjukkan jam 2 siang. Tempat mereka bersekolah memang cukup dekat dengan pantai. Walaupun pantai ini bukan merupakan objek wisata di kota mereka, namun keindahan pantai ini tidak berbeda jauh dengan pantai yang di jadikan objek wisata. 
Tertawa bersama, bercanda bersama itulah yang mereka lakukan untuk menghabiskan waktunya. Saat itu, wajah R
endy terlihat sangat tidak bersemangat. Walaupun senyum terus tersungging, tapi seperti ada kesedihan yang sedang Rendy rasakan. Riyani yang menyadari hal itu menanyakannya.
 
 
 
“ Kok senyumnya gak ikhlas gitu sih?”
“ Hahaha… gak kok, ni aku masih bisa tertawa lepas.”
“ Bohong…kamu pasti ada masalah ya? udah omongin aja, sekecil apapun masalah kalau kamu pendam terus malah akan menjadi masalah yang besar lho!” Ucap Riyani dengan meyakinkannya.
 
Mereka berdua pun terdiam sejenak. Entah apa yang sedang terjadi oleh R
endy, yang Riyani tahu hari ini Rendy benar-benar berbeda dari hari-hari biasanya.
 
“ Hmm… bagaimana kalau seandainya suatu hari nanti kamu tidak bisa melihat ataupun bertemu denganku untuk selamanya?” Ucap R
endy dengan pandangan mata yang terus menatap dalam ke mata Riyani.
 
Sepertinya kali ini R
endy benar-benar ingin mengetahui apa yang akan di lakukan sahabatnya apabila tidak bisa bertemu dengannya untuk selamanya. Riyani yang masih menatap dalam ke mata Rendy, tidak bisa berkata apa-apa. Riyani hanya terdiam, diam yang membuat Rendy tak tahu apa yang ingin dilakukan sahabatnya bila datang hari itu. Riyani dengan segera beranjak dari duduknya dan pergi meninggalkan Rendy. Rendy yang melihatnya, pergi mengejarnya.
 
“ Riyani, kenapa sih…mendadak meninggalkanku?” tukas R
endy sambil menarik tangan Riyani hingga membuatnya berhenti berjalan.
“ R
endy…kamu kenapa sih selalu menanyakan hal itu. hal yang paling aku takuti jika itu terjadi, aku tak tahu. Harus bagaimana lagi jika hari itu datang…” tangisnya terisak-terisak. 
 
Melihat Riyani yang terus meneteskan air matanya, R
endy semakin menggenggam erat tangan Riyani. Seakan tak ingin melepaskannya. Rendy yang mengerti, tidak akan menanyakan hal ini untuk selamanya. Dan ia akan merahasiakan kepergiannya ke luar negeri untuk melanjutkan kuliahnya. Mungkin ini akan semakin membuatnya bersedih, tapi…ia tak tahu lagi bagaimana cara menyampaikannya pada Riyani. Mungkin jika datang hari itu ia akan memberitahukannya, tanpa bertemu dengan Riyani.
 
***
Sebulan telah berlalu, R
endy tampak sedang bersiap-siap untuk pergi ke Australia. Ya, di negeri kangguru itulah Rendy akan melanjutkan kuliahnya. Meski di hati berat, namun demi mencapai cita- citanya menjadi seorang dokter, ia rela untuk meninggalkan segalanya. 
Sesampainya R
endy di Bandara, ia mengirimkan sebuah pesan untuk Riyani.
 
“ maaf, jika sebelumnya aku tidak memberitahukanmu terlebih dahulu. Hari ini aku akan pergi ke Australia dan melanjutkan kuliah disana. Untuk sementara waktu mungkin kita tak akan bertemu. Namun, aku akan tetap mengingat kalau aku masih mempunyai satu janji denganmu. Yaitu 5 tahun kemudian tepat tanggal 15 Mei, aku akan kembali. Untuk membuka kembali kenangan kita yang dulu. Dan sekali lagi maaf, jika aku hanya bisa menyampaikan hal ini melalui sebuah pesan.”
 
Selesai mengirimkan pesan, R
endy mematikan handphonenya dan memasukkannya ke dalam saku celananya. Perasaan yang terus berkecamuk di dalam dadanya membuatnya meneteskan air mata. Memang sulit untuk melepaskan segalanya. 
Pesawat yang akan mengantar kepergian R
endy telah datang. Dengan segera ia masuk ke dalam pesawat tersebut. Entah mengapa perasaannya terus tidak enak, ia terus berpikir apakah ia akan pergi untuk selamanya dan tak akan kembali bertemu dengan orang-orang yang di sayanginya. Kalimat itulah yang selalu terbesit dalam pikiran Rendy. 
Bunyi alarm handphone membuat Riyani terbangun seketika. Dengan segera ia membuka pesan yang telah masuk 2 jam yang lalu. Saat ia membacanya, air mata yang tak terbendung menetes di pipinya dengan perlahan. Hari ini adalah hari yang paling ia takutkan. Hari dimana ia tak bisa bersama dengan sahabatnya. Tapi, Riyani mengerti dan yakin kalau ia berpisah untuk bertemu kembali dikemudian hari. Ia percaya pada sahabatnya, ia akan kembali pada hari itu.
Entah mengapa perasaan yang tidak enak pun Riyani rasakan. Tak seperti biasanya, Riyani menyalakan televisinya dan menonton acara yang jarang ia tonton. Berita.. ya, entah mengapa kali ini ia memutuskan untuk melihat berita-berita penting hari ini. Saat ia melihat berita, telah terjadi kecelakaan pesawat yang akan menerbangkan penumpangnya ke Australia. Melihat hal itu, perasaan Riyani semakin tak enak. Ia pun mengencangkan suara televisinya. Dalam kecelakaan itu semua penumpang beserta awak pesawat tewas di tempat. Para awak tak berhasil menyelamatkan para penumpangnya. Kecelakaan itu terjadi diduga karena kecerobohan dari pilot pesawat. Mengakibatkan, pesawat tersebut jatuh di sebuah hutan. Dalam berita itu tercantum nama-nama penumpang yang meninggal. Saat melihat daftar nama tersebut Riyani tak melihat nama R
endy. Ia lupa kalau nama sebenarnya Rendy adalah Amdis Novan Rendy Andromeda.
Tak beberapa lama kemudian, Meta teman sekelas Riyani yang juga teman R
endy. Datang ke rumah Riyani untuk memberitahukan berita duka. Tapi, Riyani yang mendengar hal itu tidak percaya. Riyani menyangkal kalau Rendy telah meninggal. Untuk meyakinkannya Meta mengajak Riyani untuk ke rumah Rendy. 
Bendera kuning yang telah terpasang di depan rumah R
endy, orang-orang yang berpakaian hitam. Riyani benar-benar tak menyangka. Tangisan yang terdengar hingga membuat orang yang mendengarnya merasa pilu.
 
“ Nggak…ini gak mungkin!! R
endy gak mungkin meninggal, aku melihat sendiri ia tak terdapat di daftar nama itu. nggak…ini semua bohongkan?”
“ Riyani…di dalam nama itu emang gak ada nama R
wndy, tapi…nama Amdis Novan Rendy Andromeda ada kan?” jawab Meta sembari menggenggam tangan Riyani.
“ Nggak…dia bukan R
endy, orang yang terbujur kaku itu bukan Rendy…Bukan…!!” Tangisnya terisak-isak.
“ Sudahlah…”Jawab meta sambil memeluk Riyani untuk menenangkannya.
 
 Air mata kini sudah tak berarti lagi, harapan…tak ada yang bisa di harapkan lagi. Orang yang selama ini kita sayangi telah pergi untuk selamanya dan tak akan pernah kembali. Hanya kenanganlah yang tersisa. Kini senyum, tawa dan canda itu tak akan bisa lagi mereka rasakan bersama. Dia yang telah pergi tak akan bisa kembali lagi, kecuali kitalah yang menyusulnya. Dia yang dulu selalu membuat kita tersenyum, kini tak ada. Penyesalan selalu ada di hati Riyani, masih mungkinkah waktu dapat di ulang. Bukan waktu yang mengulang kita, tapi kitalah yang akan mengulangnya sendiri dengan cara kita .
Bunga-bunga yang seharusnya membuat orang indah melihatnya, kini bunga-bunga itu membuat orang-orang yang melihatnya menangis tersedu-sedu. Riyani yang terus saja meneteskan air matanya tak sanggup melihatnya. Ia terus menangis. Saat semua orang telah pulang, ia masih termenung di dekat gundukan tanah milik sahabatnya.
 
“ kenapa…kenapa kamu bohong. Mana janjimu. Mana…. ?” ucapnya sambil menangis terisak-isak.
 
            Awan-awan yang begitu kelam seakan mengetahui apa yang sedang di rasakan oleh Riyani. Hujan rintik-rintik pun jatuh ke bumi. Air mata yang tak bisa berhenti seakan menjadi tanda sebuah penyesalan yang mendalam. Riyani masih termenung, saat hujan telah jatuh ke bumi dengan derasnya.   
***
 
5 tahun kemudian. Tepat tanggal 15 Mei, Riyani berjalan menuju pantai. Tempat yang dulu pernah mereka janjikan bersama. Sebuah kenangan yang tak mudah untuk di lupakan. Melihat jam yang melingkar di tangannya, ia segera membongkar kapsul waktu yang mereka buat lima tahun yang lalu. Sama seperti lima tahun yang lalu. Tepat saat matahari akan tenggelam atau saat senja mereka menyebutnya. Tapi kali ini Riyani sendirilah yang membukanya, tanpa R
endy. Saat ia membuka dan melihat apa yang ditulis oleh sahabatnya lima tahun yang lalu. Ia melihat sebuah syair.
 
 
 
Persahabatan…
Akankah kekal selamanya…?
Akankah perasaan ini akan sama seperti dulu..
 
Saat kita saling berbicara…
Saat kita saling bercanda…
 
Selama ini apakah tak terbesit di pikiranmu?
Kalau persahabatan ini akan menjelma menjadi sebuah cinta…
Yang tak kita sadar kenberadaannya…
Bahwasanya akan terus bertambah jika kita terus bersama…
Perhatian yang saling kita berikan…
Apa itu tak cukup menjadi sebuah bukti..
Bahwa ada perasaan lain yang melebihi dari sebuah persahabatan
 
Walaupun kita saling mengakui kalau ini adalah persahabatan…
Apa itu adalah yang kita ucapkan dari lubuk hati yang terdalam?!
Atau hanya untuk menutupi perasaan cinta yang semakin bertambah…? 
 
Aku berharap jika kita membukanya bersama, kau akan mengetahui apa yang kurasakan.
 
R
endy, 15 Mei…  
            
Riyani tak menyangka, kalau selama ini R
endy menyukainya. Untaian katalah yang memberitahukan Riyani semua itu. Jika saja waktu itu ia berani menyatakannya. Riyani dengan senang hati akan menerimanya. Karena bukan hanya Rendy yang menyukai Riyani, tetapi Riyani pun menyukai Rendy. mereka saling menyukai. Hanya saja, rasa suka mereka tertutup oleh rasa persahabatan. 
Senja kali ini terasa membosankan. Suara deburan ombak dan semilir angin kini tak bisa menghibur Riyani. Satu yang ia inginkan, bisa tertawa kembali bersama dengan sahabatnya. Tapi, itu tak akan bisa terjadi untuk selamanya.
Persahabatan mereka sama halnya dengan matahari di kala senja. Terasa indah walau hanya sementara. Setelah itu, matahari akan menghilang. Dan tergantikan oleh sang rembulan.
             

Yogyakarta 3 Februari 2011/ 18.47
Rendy Andromeda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar